-->

Inilah 7 Bahaya dari Kebiasaan Ngupil


Infosingkat.com - Mengupil adalah sebuah kebiasaan yang sangat umum untuk dilakukan semua orang. Dengan mengupil, kita bisa membersihkan rongga hidung dari berbagai kotoran yang bisa sangat mengganggu dan membuat hidung terasa gatal.
Namun, bila ini sudah menjadi kebiasaan dan sering dilakukan maka ada risiko penyakit yang akan mengikutinya.

1. Mudah Flu
Flu merupakan penyakit yang penularan virusnya bisa melalui banyak cara, termasuk udara. Namun, virus flu ini juga bisa ditularkan dari tanganmu sendiri, lho Gengs! Pasalnya, saat tangan Kamu dalam keadaan tidak bersih, lalu Kamu menggunakannya untuk membersihkan hidung (ngupil). Hal itu yang bisa menyebabkan Kamu terinfeksi virus flu.

2. Rontoknya Bulu Hidung
Bulu yang terdapat pada rongga hidung berfungsi untuk menyaring debu, bakteri, dan benda asing lainnya. Jika pada hidung tidak terdapat bulu halus tersebut, maka bisa jadi segala bentuk penyakit patogen masuk ke dalam tubuh. Kamu yang memiliki kebiasaan membersihkan hidung dengan jari setiap saat, bisa berisiko merontokkan bulu halus pada hidung.

3. Terlukanya Lapisan Rongga Hidung
Kebiasaan membersihkan hidung dengan jari yang memiliki kuku tajam, dapat berisiko membuat rongga hidung terluka. Pasalnya, pada rongga hidung terdapat pembuluh darah yang jika terluka bisa menyebabkan mimisan.

4. Meningitis
Kebiasaan membersihkan hidung menggunakan jari dan tidak hati-hati bisa menyebabkan meningitis. Pasalnya, jika kamu mengorek hidung terlalu dalam, maka bisa menyentuh sinus bagian dalam yang berdekatan dengan otak. Dan apabila menusuk tulang ethmoid (tulang pemisah antara hidung dan otak), maka bisa mengakibatkan cairan di otak bocor dan bisa menyebabkan meningitis.

5. Timbulnya Bisul pada Hidung
Biasanya, jika membersihkan hidung dengan tangan yang kotor, maka dapat menyebabkan bakteri staphylococcus aureus masuk ke dalam tubuh. Bakteri tersebut bisa memicu timbulnya bisul atau jerawat pada rongga hidung, dan ini bisa mempengaruhi sistem pernapasan Kamu.

6. Terkena Perforasi Septum
Perforasi septum bisa terjadi jika Kamu terlalu sering atau terlalu dalam saat membersihkan hidung. Ini merupakan kondisi di mana sekat antara lubang hidung kanan dan kiri terbuka atau terluka. Awalnya kondisi ini akan menimbulkan mimisan, namun bisa dilakukan operasi untuk pengobatannya jika terlalu parah.

7. Kebiasaan yang Jorok
Membersihkan hidung sebenarnya hal yang wajar dilakukan, apabila tidak kelewat batas dan dengan cara yang benar. Tapi, jika Kamu sering melakukannya di tempat umum. Ini bisa menandakan Kamu adalah orang yang jorok dan tidak sopan, serta bisa menimbulkan beberapa penyakit di atas. (Gue Sehat)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel